Beranda > Kesehatan > 5 cara alami agar berhenti mendengkur

5 cara alami agar berhenti mendengkur

Mendengkur akan membuat Anda lelah dan tidak bersemangat di pagi hari. Ikuti 5 langkah berikut agar tidur Anda tenang dan nyenyak.

Setiap orang harus berhati-hai dalam memilih obat baik dalam bentuk spray atau pil yang menjanjikan bisa menghentikan dengkuran.”Ada banyak jenis spray, pil dan tablet yang mengklaim bisa menghentikan dengkuran, tetapi saya belum melihat ada data ilmiah yang mendukung klaim ini,” terang Mark Mahowald, MD yang merupakan direktur Pusat Kelainan Tidur Daerah Minnesota (Minnesota Regional Sleep Disorders Center).

Untungnya, kita bisa berhenti mendengkur dengan mengubah gaya hidup dan melakukan penyembuhan alami.

1. Ubahlah posisi tidur Anda
Dengkuran disebabkan oleh langit-langit lunak, uvula, lidah, tonsil dan atau otot-otot di bagian belakang tenggorokan saling bergesekan satu sama lain dan menimbulkan bunyi bervibrasi selama Anda tidur. ”

Jadi, pada dasarnya, dengkur akan terjadi hanya jika Anda berbaring dengan punggung dan lidah jatuh ke belakang dan meningkatkan penahanan udara,” terang Mahowald.

“Tidur dengan menghadap ke samping akan membantu Anda berhenti mendengkur.” Anda juga bisa menaikkan bagian kepala tempat tidur Anda sekitar 4 inchi. Anda bisa meletakkan benda di bawah matras.

Akan tetapi, ketika dengkur Anda semakin membaik, itu tetap bisa terjadi saat Anda tidur menghadap ke samping atau dengan menaikkan kepala. Anda mungkin tetap mendengkur sepanjang malam walaupun telah memperbaiki posisi tidur. Kalau begitu, sudah saatnya mengubah gaya hidup Anda.

2. Turunkan 10% berat badan Anda
Menurut Mahowald, orang-orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki jaringan tebal di leher yang meningkatkan risiko mendengkur. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan sedikit berat badan, bahkan hanya 10% dari berat badan Anda, akan membantu hentikan dengkuran.

3. Hindari alkohol dan obat penenang
“Apapun yang membuat tenang seperti pil tidur dan alkohol dalam kadar rendah bisa menyebabkan dengkuran karena bahan ini cenderung menekan aliran napas,” ujar Robert W. Clark, MD, Direktur Medis Pusat Kelainan Tidur di Columbus Community Hospital, Ohio.

Jika Anda mendengkur karena minum alkohol dan menggunakan obat penenang, sebaiknya mulai hentikan salah satu atau kedua-duanya.

4. Menghirup uap sebelum tidur
Alat pelega napas seringkali menyebabkan dengkuran. Menurut Clarke, Anda lebih baik melegakan hidung mampet dengan menghirup uap dalam-dalam melalui hidung.

Sediakan air panas dan tutuplah kepala Anda dengan handuk. Menghirup uap panasnya akan mengencerkan mucus penyebab hidung mampet.

5. Cobalan nasal strip
Studi menunjukkan, nasal strip bisa meredakan hidung mampet serta membantu berhenti mendengkur.”Bernapas jauh lebih mudah jika lubang hidung terbuka lebar, jadi nasal strip yang digunakan pada hidung bisa membantu jika dengkuran disebabkan oleh masalah hidung. Tetapi, seringkali dengkuran disebabkan oleh masalah pada lidah atau langit-langit lembut dan bukan hidung.

sumber

Kategori:Kesehatan
  1. nuryaqinamin
    24/04/2009 pukul 23:55

    Mantab dah, tapi aku juga punya artikel serupa tuh….dilihat yah…

    tuker link yuk?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: